Minggu, 21 Februari 2010

SISI BAIK DAN BURUK DARI KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI.

Perkembangan teknologi dan komunikasi tidak lepas dari adanya sisi positif dan negative. Hal ini tergantung dari masing-masing individu yang menggunakan. Banyak sekali sisi poditif yang dapat diambil, dengan semakin canggihnya teknologi dan komunikasi, kita dapat dengan mudah mencari informasi dari suatu hal yang ingin tahu, berita yang sedang hangat diperbincangkan dan dapat berkomunikasi jarak jauh dengan sangat mudah dan cepat. Dengan ini kita dapat menerima informasi dengan cepat, singkat, padat dan jelas. Namun tidak terlepas pula dari sisi negatifnya, yaitu banyaknya situs-situs yang tidak baik untuk perkembangan anak-anak. Banyak situs porno yang dapat diaksees dengan mudah. Hal ini menyebabkan psikologis anak terganggu.

Menurut riset, lebih dari 50% remaja di Indonesia telah melakukan seks pranikah. Ini di karenakan tontonan atau masuknya budaya asing yang dengan mudah dapat masuk ke Negara ini tanpa di saring terlebih dahulu. Budaya barat yang sudah menggelobal sering di tiru oleh kaula muda zaman sekarang. Ini baru sebagian kecil dari sisi negative atas perkembangan teknologi dan komunikasi. Bahkan situs pertemanan pun punya sisi posiitiv dan negatifnya juga

Belakangan ini kerap terjadi penculikan yang bermula dari situs pertemanan. Kasus baru-baru ini contohnya. Ada juga perjulan narkoba melalui situs pertemanan, penjualan wanita, bahkan ada group rasis untuk saling hujat satu sama lain. Semua ini bukanlah tujuan dari terciptanya teknologi dan komunikasi yang canggih. Sesungguhnya jika penggunaan teknologi dan komunikasi dengan benar, maka semua akan berjalan dengan semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar