Senin, 26 April 2010

PASAR MODERN VS PASAR TRADISIONAL


Kebanyakan dari masyarakat yang tingkat perekonomiannya menengah ke atas, memilih pasar modern sebagai tempat untuk berbelanja. Selain karena tempatnya bersih dan nyaman, pasar modern juga menyediakan banyak fasilitas. Walaupun harganya lebih tinggi di bandingkan dengan pasar tradisional, hal itu tidak menjadi alasan bagi masyarakat menengah keatas untuk pindah ke pasar tradisional.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari pasar modern:

Kelebihan :
1. Tempat berbelanjanya bersih,
2. Lebih aman,
3. Aneka ragam barang yang di perjualkan,
4. Dapat menjadi tempat jalan-jalan bersama keluarga,
5. dll.

Kekurangan :
1. Harganya agak mahal,
2. Sayurannya kurang segar,


Pasar tradisional pun tidak kalah saing oleh pasar modern. Walaupun kebanyakan pelanggan adalah dari masyarakat menengah kebawah, tetapi tidak sedikit pula masyarakat menengah keatas berbelanja di pasar modern.

Berikut adalah faktor orang-orang memilih pasar tradisional :

1. Harganya yang lebih terjangkau,
2. sayuran atau dagingnya lebih segar,

Ada beberapa hal juga yang menjadi alasan masyarakat untuk tiiidak memilih pasar tradisional, yaitu tempanya kang kebanyakan masih sangat kotor atau becek. Namun sekarang pemerintah sedang mengusahakan pembangunan pasar untuk menjadi pasar yang nyaman bagi para pelanggan, yaitu dengan cara memperbaiki kondisi pasar, lantainya di keramik, memberantas preman pasar, dan sebagainya.

Berbelanja di pasar modern ataupun pasar tradisional memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, hal ini tergantung dari kita sendiri yang menyikapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar