Sabtu, 28 November 2009

CARA MENGATASI DAN MENGURANGI MASALAH

Hampir semua orang memiliki masalah, namun setiap masalah yang dimiliki oleh masing-masing individu beragam. Kebanyakan orang mendefinisikan sebagai keadaan yang tidak di inginkan dan sangat merugikan. Semua masalah yang dialami oleh setiap individu merupakan salah satu cara dari sekian cara untuk mengoreksi diri atas masalah yang sedang dihadapi dan membuat kita lebih dewasa dan bijak dalam menyikapinya.

Setiap permasalahan, hendaklah diselesaikan sesegera mungkin, agar tidak merugi lebih banyak lagi. Dalam memecahkan masalah baik untuk individu maupun organisasi tidaklah jauh berbeda. Pada individu umumnya untuk menyelesaikan masalah adalah dengan cara mengumpulkan informasi, lalu dikoreksi sebelum memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Sedangkan pada organisasi, biasanya dirapatkan terlebih dahulu, lalu digolongkan, setelah digolongkan menguumpulkan informasi, mengoerksi, memecahkan dan mengambil keputusan secara bersama.

Untuk mengubah keadaan sesuai yang di inginkan hendaklah dikerjakan secara sungguh-sungguh dan melalui pendekatan-pendekatan dengan cara memahami masalahnya, mempertimbangkan penyelesaiannya dan memilih jalan penyelesaian. Itu dilakukan agar hasilnya pun lebih intensif. Namun biasanya ada kendala yang dihadapi. Baik kendala dari dalam ataupun dari lingkungan luar.

Keputusan yang diambil sangatlah berpengaruh bagi individu dan organisasi yang terkait, jika salah sedikit saja dalam perhitungan pengambilan keputusan dapat berakibat fatal. Maka dari pada itu, pada pengambilan keputusan haruslah dipertimbangkan secara matang agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar