Senin, 16 November 2009

PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI

perkembangan zaman yang dibarengi dengan berkembangnya alat-alat komunikasi yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dalam menerima kabar berita baik secara langsung ataupun tidak.Dengan semakin cepat dan semakin mudahnya berkomunikasi, Banyak manfaat yang dapat kita peroleh.Para ilmuan berpikir untuk menemukan alat yang dapat mempercepat laju komunikasi antara satu dengan yang lain. Maka ditemukanlah bermacam-macam alat komunikasi.

Komunikasi merupakan kebutuhan yang mutlak, karena kita sebagai makhluk sosaial yang butuh komunikasi dengan orang lain. Dengan teknologi komunikasi yang baru telah banyak meningkatkan komunikasi antar budaya. Orang-orang dapat berkomunikasi, mengenal dan mengetahui berbagai macam budaya bangsa dengan mudah dan cepat.

fasilitas dan perangkatnya pun sudah berkembang maju sedemikian modernnya sehingga sekarang dunia seakan tidak ada batas lagi, manusia dapat berhubungan satu-sama lain dengan begitu mudah dan cepat. Contohnya terdapat pada handphone. Begitu banyak fasilitas dan perangkat yang terdapat di dalamnya tanpa mengurangi sedikitpun dari fungsi utamanya, yaitu sebagai alat komunikasi. HandPhone hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh hanya memerlukan waktu yang sangat singkat dalam hitungan menit saja kita sudah dapat saling berinteraksi. Ditambah lagi dengan fitur yang dapat mengakses internet dengan mudah. Dengan fitur ini kita dapat menambah wawasan. Semua teknologi ini dimaksudkan untuk mempermudah proses komunikasi antar manusia dalam konteks global. Dijanjikan penggunaannya sangat mudah dengan harga yang relatif murah. Namun perlu dipertanyakan kembali bagaimana efeknya terhadap kesenjangan penggunaannnya di negara-negara berkembang. Teknologi yang baru muncul tidak serta merta merata pemakaiannya di seluruh dunia, walaupun standar yang digunakan juga relatif sama. Namun demikian, beberapa negara berkembang belum memiliki sarana penunjang yang memungkinkan teknologi terbaru bisa diadopsi. Belum lagi jika kita membicarakan adaptasinya di masyarakat yang berbeda kultur. Padahal masalah mendasar dalam berkomunikasi adalah kesamaan pesan yang diterima. Kesenjangan ini juga dinilai sebagai masalah yang memang sampai kini masih di perbincangkan di Negara-negara maju maupun berkembang. Karena, menyangkut berbagai macam faktor, seperti politik dan ekonomi. dalam berkomunikasi memang sangat menjanjikan kecepatan dan ketepatan penyampaian pesan kepada banyak orang-orang dalam yang bersamaan. Kemampuannya dalam hal kualitas memang tidak diragukan. Terutama adalah pemakaiannya yang sangat mudah dan sederhana. Namun yang dikhawatirkan dan selalu menjadi permasalahan adalah pemerataan jumlah alat dan pengetahuan/kecakapan menggunakannya. Hampir setiap orang dapat mengaksesnya, baik tua, muda, atau pun anak anak dapat menggunakan fitur ini. Karena telah dirancang semudah mungkin untuk digunakan oleh para penggunanya. Karena sangat mudah untuk mengaksesnya, terkadang banyak yang melihat atau membaca hal yang tidak semestinya.

Disetiap perkembangan selalu dibarengi denan munculnya 2 sisi, yaitu sisi negative dan sisi positif. Hal ini sangat berasa dampaknya bagi kehidupan sehari-hari. Sisi negativenya adalah akan sulit berkomunikasi jika layanannya sedang terganggu, kita tidak tahu mimic dan maksud dari orang lain sehingga dapat terjadi salah paham. Dan dari sisi positifnya adalah dapat dengan mudah berinteraksi satu sama lainnya, mendapatkan informasi yang terbaru dengan cepat.

Penerapan kemajuan teknologi dapat pula mengintensifkan selektivitas khalayak komunikasi massa. Sebaliknya, teknologi juga telah memungkinkan media massa untuk menjadi lebih selektif. Misalnya dalam bidang penerbitan, buku-buku sekarang dapat dicetak bila diperlukan, dengan beberapa bagian ditambahkan aatau dibuang, sesuai dengan permintaan pembaca.

Perkembangan haruslah disikapi dengaan bijak. Jika tidak disikapi dengan bijak, maka perkembangan komunikasi dapat berbalik menghancurkan kita, bukannya membuat kita maju atau sebagainya. Banyak orang yang tidak bijak terjerumus ke dalam sisi negative dari perkembangan dari alat-alat komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar