Jumat, 25 Desember 2009

Loyalitas supporter sepakbola Indonesia

Bangsa kita yang berbeda-beda mulai dari suku, kebudayaan, ras, agama, dan bahasa dapat di persatukan oleh sepak bola. Sepak bola Indonesia adalah salah satu perekat persatuan yang sangat efektif. Buktinya jika tim nasional Indonesia berlaga, masyarakat antosias datang untuk mendukung tim kebanggaan Indonesia. Tidak perduli seberapah jauh untuk sampai ke tempat tim kebanggaan bertanding. Walaupun dengan biaya yang tidak sedikit, namun bagi penggemar sepakbola hal itu tidaklah berarti apalagi jika tim kesayangan meraih kemenangan dan bermain dengan bagus. Indonesia satu dalam sepakbola untuk mendukung tim Indonesia yang berkostumkan merah putih/putih hijau.

Tetapi rasa kebersamaan dan persatuaan ini tidak dirasakan jika tim dari daerah masing-masing bertanding melawan tim daerah lain. Saling cacimaki, keributan dan anarki sering terjadi antar supporter. Bahkan hingga ada pertumpahan darah sampai-sampai ada jiiwa yang melayang. Sesungguhnya hal tersebut sangatlah tidak penting ini. Karena kita adalah satu bangsa, satu tanah air. Harusnya kita dapat bersatu dan berjalan ber iringan tanpa ada deskriminasi. Hal yang merugikan tersebut harus segera hapuskan. demi kenyamana masing-masing supporter menonton tim kesayangannya bertanding dimanapun dan demi kebaikan bersama,jika sudah tidak ada lagi permusuhan, supporter pun dapat mendukung tim kesayangannya baik di kandang maupun laga tandang.

Terkadang kemarahan dari supporter di picu dari ketidak senangan tim kesayangannya di kalahkan di tim lain dan juga ketidak adilan wasit dalam memberikan keputusan. Hal tersebut juga dapat memicu para emosi supporter dan para pemain. Indonesia sebenarnya belum pantas untuk masuk ke piala dunia, karena masih banyak yang harus di benahi mulai dari stadion, supporter, wasit, organisasi kepemimpinan, dan masih banyak lagi.
Dalam menjaga tali siraturahim kita agar tidah ada permusuhan lagi, kita harus benahi dari hal yang terkecil terlebih dahulu, lalu ke orang-orang sekitar kita. Jaga nama baik Indonesia di kancah dunia. MAJULAH TERUS INDONESIAKU, KAMI SELALU MENDUKUNGMU…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar